Jumat, 02 Desember 2011

TIPS MENGATASI RASA TAKUT


Memiliki rasa takut sudah menjadi fitrah bagi manusia, jadi jangan menyesali adanya rasa takut dalam diri Kita.  Namun ketika rasa takut itu sudah berlebihan dan dapat menghambat diri kita untuk melangkah maju menuju ke jenjang kesuksesan kita harus melakukan pengendalian terhadap rasa takut itu.

Yap! namanya saja rasa takut. Saya yakin siapapun orangnya sehebat apapun dia pasti memiliki rasa takut. Dan ketika rasa takut itu sudah menghinggap di hati dan fikirannya, akan banyak dampak negatif yang muncul dan terlihat dari dalam dirinya. Bentuknya macam-macam bisa berupa fisik, secara kasat mata terlihat seperti; berkeringat sekujur tubuh, gemetaran anggota tubuhnya, merasa mual, rasa ingin muntah dan lain sebagainya. Dapat pula berupa psikis yaitu sikap mental yang dipenuhi dengan kekhawatiran, cemas, penolakan dan perasaan tertekan yang sangat luar biasa.

Sebenarnya kita semua mampu untuk mengalahkan rasa takut yang ada dalam diri kita asal kita MAU. Caranya mudah! tapi sebelumnya saya mau coba jelaskan terlebih dahulu tentang rasa takut itu, walaupun sedikit mudah-mudahan dapat memberikan gambaran yang benar tentang rasa takut.

Takut nih..
Takut adalah suatu sikap mental yang menggambarkan sesuatu dampak negatif yang buruk akan menimpa diri kita apabila menjumpai, mengalami dan melakukan sesuatu. Hal ini terjadi karena sugesti negatif yang masuk kedalam otak kita yang dapat disebabkan oleh pengaruh-pengaruh dari lingkungan sekitar kita, atau kejadian sebelumnya yang pernah kita alami dan hasilnya kegagalan atau berdampak buruk pada diri kita.

Misalnya, Anda takut pada ketinggian hal ini karena Anda pernah jatuh dari tempat yang tinggi sebelumnya. Bagi yang masih (paling tidak pernah sekolah) sekolah mungkin pernah atau bahkan sering ketika mau bertanya kepada guru timbul rasa takut hal ini disebabkan karena takut di cemooh teman jika pertanyaan kita ternyata kurang tepat atau mungkin terdengar lucu sehingga jadi bahan tertawaan teman-teman di kelas. Or Many others..

Pengaruh-pengaruh yang masuk tidak mesti keburukan, kegagalan atau kejelekan. Terkadang kebaikan, keberhasilan, atau kecakapan pun ketika diterima oleh otak dan diterjemahkan secara negatif dapat menghasilkan rasa takut.

Ok, kini tiba saatnya kita mengalahkan rasa takut itu. Ya, sekarang !

Sahabat Sukses!

Setelah kita mengetahui apa itu rasa takut atau ketakutan, maka kita dapat merumuskan kuncinya.
Pertama : Fahami rasa takut Anda dan kenali bentuknya. Lalu cari tahu apa penyebabnya, jika Anda Takut dikarenakan Keahlian atau Pengetahuan Anda kurang dibidang tertentu maka pelajari lebih giat, tingkatkan keahlian Anda dan pantau terus perkembangannya.

Kedua : Ubah pandangan Anda terhadap pengaruh-pengaruh baik yang datang dari luar maupun yang sudah ada didalam diri Anda, entah itu pengaruh baik atau buruk. Tetapkan dan yakinkan oleh otak Anda bahwa segalanya positif dan membawa dampak yang baik.

Ketiga : Senyum, dan ejeklah rasa takut Anda. Anggap hal itu sebagai suatu kebodohan, kalau perlu Anda tertawakan rasa takut itu dengan tertawa yang keras dan berusaha mengusirnya jauh-jauh dari diri Anda.

Keempat : Jadilah pemberani, lakukan sesuatu yang Anda takut melakukan sebelum ini. Paksakan diri Anda untuk mau melakukan, menjumpai dan menantang segala sesuatu yang Anda anggap menakutkan. Hingga Anda merasakan benar apa dampak yang timbul ketika ataupun setelah Anda melakukannya. Rasakan dan nikmatilah dengan segenap hati dan fikiran Anda, seperti poin pertama ubahlah hal itu menjadi sesuatu yang positif.

Dari kunci pertama sampai keempat ulangi secara konsisten dan berkesinambungan tentunya harus dilengkapi dengan wawasan, ilmu pengetahuan dan keahlian yang menunjang hingga akhirnya Anda menjadi terbiasa dengan hal-hal seperti itu. Dan rasa takut bukan lagi hambatan bagi Anda untuk meraih sukses.

Sahabat sukses, tidak ada tempat di Dunia ini yang paling menakutkan kecuali siksa kubur dan Neraka. Dan tidak ada tempat di Dunia ini yang paling Indah kecuali Nikmat Kubur dan Taman-taman di Surga.


Be Practice!

5 komentar:

  1. Anonim11:34 AM

    aye paling takut deh sm cowo homo

    BalasHapus
  2. Gue juga takut gan sama cowok Homo..:D

    BalasHapus
  3. Dear Bpk Fauzi :

    Maaf saya mau tanya,saat naik motor/ di bonceng. mengapa saya selalu merasa takut kalau2 keserempet atau ketabrak....Mohon Tips cara cepat menghilangkannya.

    Terima kasih

    BalasHapus
  4. @SmartAndConfidence
    Takut saat keserempet dibonceng merupakan sugesti yang mucul karena Anda mungkin pernah mengalami hal tersebut. kuncinya Anda nikmati saja perjalanan Anda dan percaya dengan orang yang membonceng Anda. jangan lupa berdoa yah...:)

    BalasHapus
  5. Anonim2:25 PM

    Assalamualaikum wr.wb.

    Saya selalu bersugesti negatif yang bikin saya panik.Contohnya saya abis nonton film horor,saya berpikiran 'ah,paling setiap saya masuk rumah,saya selalu ketakutan'.Nah, sejak dari itu saya selalu terganggu karena sugesti negatif tersebut.Saya jadi susah tidur sejak itu.Padahal itu cuma sugesti.It always happen..

    Boleh saya minta penjelasan serta tindakan kuratif dan preventif dari anda.

    Terima Kasih

    BalasHapus

Mohon tinggalkan Pesan Anda disini